Mensyukuri Kemerdekaan

Tidak bersyukur kepada Allah siapa yang tidak berterimakasih pada manusia

Ketika banyak pihak mempertanyakan, benarkah kita sudah merdeka? Maka ijinkan saya menjawab, “Sudah, namun perjuangan belum usai.” Kita bersyukur kepada Allah, kemudian berterimakasih pada para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya, waktu, tenaga, harta, bahkan nyawa untuk memperjuangkan kemerdekaan ini.

Para pahlawan yang ketika kita membaca cerita perjuangan mereka, kita dibuat malu, apa yang kita lakukan untuk negeri ini tidak ada apa-apanya. Panglima besar Jenderal Sudirman yang dalam sakitnya yang kian parah, memimpin perang gerilya sampai harus berada dalam tandu. Masuk hutan keluar hutan. Apa yang dicari? jabatan, harta, kemewahan? Tidak sedikitpun muncul dari hati dan pikiran beliau. Beliaulah, beserta rekan-rekan seperjuangannya yang benar-benar mewujudkan sebuah prinsip agung dalam agama kita, “Hidup mulia, atau mati syahid.” Semoga Allah karuniakan kehidupan di alam kekal untuk mereka semua, kehidupan yang jauh lebih baik.

Para pahlawan kita inilah, yang sudah tidak lagi terikat hatinya pada dunia. Bahwa kemuliaan itu ada dalam kehidupan merdeka atau kesyahidan di medan perang. Maka pun kita tahu, betapa dulu rasa cinta tanah air di dada mereka, serta semangat untuk melawan kedzaliman, berjuang keluar dari belenggu penjajahan telah mempersatukan bangsa ini, dari mulai petani di desa-desa, para pemuda terpelajar, hingga para santri di pesantren-pesantren mereka, bahu membahu mengangkat senjata dalam pekik takbir yang menggema dimana-mana. Allahu Akbar!

Maka kita generasi muda, jangan lupakan sejarah. Jangan lupakan perjuangan mereka para pahlawan yang berkat mereka, setelah rahmat dan karunia Allah, kita bisa menikmati kemerdekaan di republik ini. Kita bisa sekolah, menjalankan ibadah dengan aman dan tenang, serta beragam aktivitas lainnya pun tak luput dari jasa mereka. Semoga Allah mengalirkan pahala yang tak putus-putus pada mereka atas segala kemudahan yang kita rasakan saat ini, sholat kita, puasa kita, serta ibadah-ibadah lainnya. Sungguh sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya.

Pun kemudian, setelah kita meneladani kebaikan-kebaikan mereka yang begitu berlimpah, semoga kita menjadi lebih bersemangat untuk memberikan yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk negeri ini. Yang masih bersekolah, belajar yang rajin dan sungguh-sungguh. Yang kuliah, belajar serta mengembangkan wawasan juga menyumbangkan ide-ide bagi kebaikan negara kita. Yang menjadi karyawan, sungguh-sungguh dalam bekerja dengan niat ibadah demi memajukan perekonomian bangsa. Yang PNS, berkomitmen untuk senantiasa menjalankan amanah yang diemban dengan sebaik-baiknya. Hingga pada para ibu rumah tangga, untuk terus mendidik dengan nilai-nilai kebaikan serta akhlak mulia mereka yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini nantinya.

Aku cinta indonesia. Merdeka!

Iklan

8 thoughts on “Mensyukuri Kemerdekaan

  1. pradilamaulia Agustus 17, 2016 / 8:49 pm

    Karena ketika bersyukur, Allah akan menambah nikmat kpada kita, termasuk menyukuri kemerdekaan.

    Smoga kedepannya tak hanya merdeka scara fisik, namun juga merdeka dari segala bntuk penjajahan yg tak terlihat
    Amiin…

  2. riskiantropus Agustus 17, 2016 / 10:29 pm

    Kata gus mus “Merdekakanlah kami dari belenggu penjajahan apa saja
    selain penjajahan Allah.”
    Semoga kita bisa merdeka dan terbebas dari belenggu apapun.

    • Ismail Hasan Agustus 18, 2016 / 8:29 pm

      Merdeka yang bertanggungjawab ya berarti,. menjadi hamba Allah yang menebarkan kebaikan pada sesama.. aamiin 🙂

  3. ira i / ira noor Agustus 18, 2016 / 9:58 am

    Merdeka!!!
    Ayo kita sama-sama berjuang sesuai dengan tugas kita masing-masing, berbuat yg terbaik unt negara ini

  4. rizzaumami Agustus 18, 2016 / 11:11 am

    Hmmm, kagum mengingat perjuangan pahlawan. Tak bisa membayangkan apa yang akan saya lakukan kalo hidup di jaman mereka.

    • Ismail Hasan Agustus 18, 2016 / 8:32 pm

      iya mas,. luar biasa sekali memang perjuangannya..
      yang penting berusaha meneladani dan berjuang di bidang masing-masing.. semangat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s