Berusaha

Mungkin kita pernah mengalami, kemudian menyadari bahwa memang tugas kita sebagai manusia adalah berusaha dengan sebaik-baiknya. Adapun hasil, sepenuhnya merupakan hadiah dari dari Sang Maha Penulis Cerita.

Saya ingat dulu ketika ikut ujian seleksi USM Stan, waktu itu saya tes pertama di Surabaya. Ya seperti biasa, saya datang beberapa saat sebelum ujian, biar lebih tenang. Sehari sebelumnya saya juga sudah meninjau lokasi, soalnya memang belum pernah tau alamat lokasi ujian waktu itu.

Alhamdulillah, saya bisa mengerjakan dengan tenang. Bagi saya waktu itu, selesai mengerjakan ya sudah. Tidak mikir nanti bagaimana, yang ikut seleksi ini kan juga banyak sekali, tipe soal TPA dan Bahasa Inggris yang diujikan juga umum seperti itu. Dibilang susah ya susah, kami cuma diberi waktu 150 menit untuk mengerjakan 180 soal. Alhamdulillah, selesai ujian ya tinggal menunggu hasilnya.

Pengumuman hasil tes pertama alhamdulillah saya lulus, saya pun kemudian menjalani tes kedua dan tes ketiga. Lagi-lagi, saya juga tidak punya gambaran hasilnya seperti apa, ya bismillah saja. Alhamdulillah, pengumuman final menyatakan saya diterima dan lokasi pendidikan saya adalah di Manado. Sesuatu yang bahkan tidak pernah terbayangkan sedikitpun sebelumnya.

Barangkali memang sering demikian, kita sering mendapatkan kejutan berupa hadiah-hadiah yang Allah berikan. Sesuatu yang bahkan sebelumnya tidak pernah kita bayangkan. Namun satu hal yang kita tahu, bahwa apapun yang Allah berikan pada kita, pasti itulah yang terbaik untuk kita.

Bukankah kita juga sering, ketika dihadapkan pada dua pilihan, atau dua buah keadaan. Dan kita pun terkadang bingung, mana yang akan kita minta dalam doa. Kita khawatir bila apa yang kita inginkan, yang hati kita lebih cenderung kepada pilihan itu, ternyata bukanlah yang terbaik untuk kita. Maka kita hanya bisa meminta yang terbaik menurut Allah, dengan keluasan ilmu dan kebijaksanaan-Nya. Juga tak lupa untuk meminta, agar apapun yang Ia berikan, kita selalu bisa menerimanya dengan sebaik-baik penerimaan.

Kita juga sebaiknya lebih bersyukur, bila kita memiliki orang-orang yang begitu peduli, mereka yang mencintai kita sepenuh hati. Ibu dan ayah, juga orang-orang terkasih lainnya. Karena mungkin berkat doa-doa mereka, Allah senantiasa menjaga kita. Allah meletakkan kita dalam lingkungan yang baik, meletakkan kita dalam lingkungan pertemanan juga pekerjaan yang baik. Mempertemukan kita dengan orang-orang yang baik. Teman, sahabat, rekan kerja, atasan sampai tetangga atau juga dengan mereka yang akan menemani perjalanan kita nanti. Ya, bisa jadi karena doa-doa mereka, Allah selalu menjaga kita, terlebih ketika kita jauh dari keluarga.

Ada sebuah kutipan bagus, “Kita bisa merasa nyaman ketika terbang dalam sebuah pesawat padahal kita tidak pernah kenal pilotnya. Seharusnya, dalam hidup ini kita lebih merasa nyaman karena kita tahu Dzat yang mengaturnya.”

image

Alhamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat
Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat dan karunia-Nya,
kebaikan-kebaikan menjadi sempurna
niat-niat baik kita dapat terlaksana
dan apa yang sebelumnya kita khawatir terhadapnya, maka Allah jadikan ia mudah
Alhamdulillah πŸ™‚

Iklan

17 thoughts on “Berusaha

  1. irazahara Mei 29, 2016 / 4:08 pm

    kita bisa merasa nyaman saat menitipkan sendal di masjid, seharusnya kita bisa lebih tenang ketika menitipkan urusan hidup kita kepada Allah.
    Bagus mas (y)

    • Ismail Hasan Mei 29, 2016 / 4:10 pm

      iya benar Mbak, Allah is The Best Planner πŸ™‚

      btw, itu (y) maksudnya apa ya? sorry, kuper πŸ˜€

  2. pradilamaulia Mei 29, 2016 / 10:46 pm

    Suka banget kutipannya

    “Kita bisa merasa nyaman ketika terbang dalam sebuah pesawat padahal kita tidak pernah kenal pilotnya. Seharusnya, dalam hidup ini kita lebih merasa nyaman karena kita tahu Dzat yang mengaturnya.”

    Sangat menginspirasi 😁

  3. Adi Setiadi Mei 30, 2016 / 6:16 am

    Semoga kita selalu menjadi hamba yng bersyukur

  4. ira i / ira noor Mei 30, 2016 / 9:08 am

    Semangatttt Mas Ismail!!! Semoga hari ini lebih sukses dari hari kemarin….aamiin

    • Ismail Hasan Juni 1, 2016 / 11:41 am

      iya Mbak,. harus tetap semangat.. πŸ˜€

  5. firafirdaus Mei 30, 2016 / 9:09 am

    Sama bang, saya juga dulu pas keterima sbmptn d fk univ daerah sendiri kecewa sekali, krna 2 teman dekat saya yg sama2 menembak ptn fk unand lulus sedangkan saya tidak. Meskipun begitu setelah menjalani saya baru sadar mungkin disinilah lingkungan terbaik untuk kita 😊

    • Ismail Hasan Juni 1, 2016 / 11:43 am

      iya,. biar kecewa yang penting tetap yakin bahwa memang inilah yang terbaik πŸ™‚

  6. muniranaylatama Juni 13, 2016 / 2:16 pm

    Karena rencana Allah selalu lebih baik dari rencana kita πŸ™‚

  7. rizzaumami Juni 14, 2016 / 12:20 am

    Selalu bersyukur dan tawakkal, tapi tetap ikhtiar, begitukah mas?

  8. annisarah Juli 8, 2016 / 9:02 am

    Ah ya…kita ini hanya ‘wayang’Nya. Melakoni skenario sesuai rencanaNya, yang terbaik, suka atau tidak suka. Kunjungan pertama kesini πŸ™‚

    • Ismail Hasan Juli 8, 2016 / 9:04 am

      Iya,. semoga kita tetap ingat untuk selalu berprasangka baik dan berusaha terbaik πŸ™‚

  9. Mutiara Ulfah Juli 15, 2016 / 9:15 pm

    ada keajaiban di ujung setiap jalan yang di pilih πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s