10 Jam Makassar – Rantepao

Lakukanlah perjalanan agar wawasan kita lebih terbuka, melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan semoga ada yang kita bawa pulang setelahnya.

Ini adalah kali pertama saya mengunjungi Kabupaten Toraja Utara. Saya mengikuti Workshop Publishing Organization yang diadakan oleh Kanwil DJP Sultanbatara. Hampir dua tahun saya tinggal di Makassar dan ini adalah perjalanan terjauh di Sulawesi Selatan yang pernah saya lakukan. Bisa dibayangkan, kami serombongan berangkat senin pagi (30/11/2015) dari Makassar pukul 9 pagi dan baru sampai di lokasi pada pukul 7 malam. Itu artinya, 10 jam perjalanan.

Menjelang keberangkatan di bus
Menjelang keberangkatan di bus

Kami berangkat menggunakan bus yang nyaman, teramat nyaman malah. Bus yang memang sengaja disiapkan untuk perjalanan jauh. Kursinya nyaman dan dapat diposisikan untuk merebahkan badan. Meski begitu, saya tidak dapat menikmati perjalanan tersebut. Saya memang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh menggunakan bus. Mabuk kendaraan, itulah alasannya.

Di awal perjalanan berangkat dari Makassar, perjalanan cukup menyenangkan bagi saya. Jalanan lurus dan juga mulus. Sesekali saya bisa melihat laut lepas yang ada di sisi kiri jalan. Sampai masuk Pare-Pare jalanan masih ‘aman’ bagi saya. Memasuki kabupaten Enrekang, jalanan mulai berkelok, lengkap dengan turunan dan tanjakannya. Saya yang dari awal sudah agak pusing akhirnya menyerah. Akhirnya, saya melalui perjalanan sekitar 4 jam kemudian dengan terbaring lemah di tempat duduk saya.

Melakukan perjalanan ini mengingatkan saya pada atasan saya yang belum lama ini dimutasi ke jawa. Beliau adalah mantan salah satu kepala seksi di KPP Pratama Palopo selama hampir empat tahun. Beliau melakukan perjalanan seperti ini mungkin tiap bulan atau bahkan lebih dari sekali dalam sebulan. Untungnya, beliau tidak mabuk kendaraan seperti saya.

Saya pun kemudian ingat dengan teman-teman saya yang lain. Teman yang juga sebagian ikut dalam acara workshop ini. Mereka yang datang dari tempat yang jauh. Pulau Selayar, Raha, Toli-toli, Tidore, Talaud, Sanana dan masih banyak yang lainnya (meski teman-teman juara olimpiade Geografi sekalipun, saya yakin masih banyak yang asing dengan tempat-tempat tadi kan? 😆 ). Bahwa meski sama-sama jauh dari keluarga, tentu perjuangan mereka lebih bila dibandingkan dengan yang saya alami. Sungguh salut dengan mereka semua. Merekalah para ujung tombak Direktorat Jenderal Pajak, yang terus berjuang di tengah keterbatasan. Yang terus berkarya meski tanpa pemberitaan media. Tetap semangat kawan, DJP Bisa!

Tempat workshopnya :)
Tempat workshopnya 🙂
Bergaya di depan Tongkonan
Bergaya di depan Tongkonan

Note:
InsyaAllah akan saya usahakan menulis kisah selangkapnya sepulang saya dari Toraja. Hehe,. Mudah-mudahan ada foto yang bisa saya tampilkan nanti. 🙂

Iklan

8 thoughts on “10 Jam Makassar – Rantepao

  1. bawangijo Desember 2, 2015 / 8:52 am

    Perjalanan 10 jam dng bus gak lama kok *ditoyor 😀

    • Ismail Hasan Desember 2, 2015 / 9:01 am

      ampun kakak,. saya mah ngga biasa perjalanan jauh pake bus..
      sudah bawaan lahirnya begitu.. 😆

      • bawangijo Desember 2, 2015 / 9:15 am

        latian dari sekarang jalan2 jauh naik bus, nanti kalo dimutasi ke pelosok yg lbh jauh gak kaget hihi

      • Ismail Hasan Desember 2, 2015 / 9:23 am

        hahaha,.
        iya, kayaknya juga cuma saya yang tepar, teman yang lain fine2 saja..

  2. fasyaulia Desember 2, 2015 / 10:51 am

    Tempat workshop nya aduhai bangeeeet~

    • Ismail Hasan Desember 2, 2015 / 3:40 pm

      hehe,. iya..
      sejuk juga udaranya, kalau pagi biasa berkabut..

  3. ira i / ira noor Desember 2, 2015 / 2:43 pm

    Wah kayaknya seru, foto2in jalannya nggak?? Penasaran saya.
    *hidupDJP*

    • Ismail Hasan Desember 2, 2015 / 3:37 pm

      wah,. kemaren ngga sempat foto jalan. sebenernya kelokan sih ngga terlalu ekstrim, tapi sempit dan jauuh.. hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s