Indahnya Penerimaan dan Berbaik Sangka

Alhamdulillahi `ala kulii haal
Alhamdulillah, atas semua anugerah, nikmat dan kebaikan yang tercurah. Atas segala rahmat dan karunia yang selalu menghujani kita, hamba-hambaNya.

Pernahkah kita bersedih atau merasa kecewa dengan apa yang terjadi pada hidup kita? Semoga tidak sampai membuat kita berburuk sangka kepada Rabb kita Yang Maha Pemurah. Dialah Allah Pencipta kita, yang mengetahui tentang masa depan, tentang hal ghaib dan semua yang tersembunyi yang tidak kita ketahui.

Yang terbaik adalah pilihan Allah. Apa yang Allah tetapkan, apa yang Allah takdirkan, apa yang Allah pilihkan, sungguh itulah yang terbaik untuk kita. Karena kita pun tahu bahwa ilmu kita sedikit, pengetahuan kita juga sempit. Dan Allahlah yang mengetahui segalanya. Maka berbaik sangkalah kepada-Nya, bahwa apa yang Ia berikan kepada kita, pastilah yang terbaik bagi kita.

Hati kita akan meleleh ๐Ÿ™‚

Bila seorang hamba memiliki niat baik, juga tujuan yang baik. Kemudian ia berusaha untuk meraihnya dengan cara-cara yang baik. Ia pun menyempurnakan ikhtiar dan memohon pertolongan kepada Allah Ta`ala. Maka bila kemudian ia mendapati Allah berkehendak lain, menetapkan takdir lain untuknya, yakinlah bahwa yang Allah berikan adalah jauh lebih baik dari apa yang ia harapkan. Bahwa pilihan Allah, pasti di dalamnya ada kebaikan yang berlimpah. Dan pasti, Allah menetapkan sesuatu demi kebaikan hamba-hambaNya.

Cukuplah bagi kita, kisah-kisah pilihan, kisah-kisah terbaik yang Allah ceritakan dalam Al-Quran. Kisah tentang Nabi Musa alaihissalam ketika kecil, ketika baru dilahirkan.

37. Dan sungguh, Kami telah Memberi nikmat kepadamu pada kesempatan yang lain (sebelum ini),
38. (yaitu) ketika Kami Mengilhamkan kepada ibumu sesuatu yang diilhamkan,
39. (yaitu), letakkanlah dia (Musa) di dalam peti, kemudian hanyutkanlah dia ke sungai (Nil), maka biarlah (arus) sungai itu membawanya ke tepi, dia akan diambil oleh (Fir`aun) musuh-Ku dan musuhnya. Aku telah Melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku, dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku.

Terjemahan Q.S. Tha Ha ayat 37-39

Sungguh keimanan yang luar biasa di hati Ibunda Musa kecil alaihissalam, ia tahu bahwa apa yang ia lakukan adalah apa yang diperintahkan. Selebihnya maka ia serahkan kepada Sang Penguasa Alam, Rabbul `Alamin, Allah Azza wa Jalla. Dan kita pun tahu, betapa manis kisah Musa kecil alaihissalam dan ibunya setelah itu.

… Maka Kami Mengembalikanmu kepada ibumu, agar senang hatinya dan tidak bersedih hati. …

Terjemahan Q.S. Tha Ha sebagian ayat 40.

Allah bukan hanya memberikan keamanan dan kebersamaan kepada Musa kecil alaihissalam dan ibunya, bahkan sang ibu bebas merawat dan menyusui, menemani hari-hari sang anak dan tinggal di istana Fir`aun yang penuh fasilitas dan kemudahan. Sebuah ganti yang jauh lebih baik, yang bahkan tidak pernah terlintas dalam pikiran Ibunda Musa alaihissalam.

Ya, yang terbaik adalah pilihan Allah. Pun demikian dengan interaksi kita bersama orang-orang di sekitar kita. Ketahuilah bahwa segala yang terjadi, segala permasalahan, kesalahpahaman, ketidakmengertian dan semua yang lain adalah berada dalam kehendak Allah Subhanahu wa Ta`ala, maka maafkan mereka dan lakukanlah yang terbaik yang kita bisa.

Betapa bahagianya mereka yang berhati lapang,
yang paham akan indahnya penerimaan dan berbaik sangka,
yang tidak pernah menyimpan dendam, amarah juga kebencian,
pun iri serta dengki,
ketika orang berbuat salah, mereka memaafkan,
ketika ada yang menyakiti, mereka mengingat kebaikan yang pernah dilakukan,
ketika mereka dimusuhi, justru mereka mendoakan untuk kebaikannya
semoga Allah merahmati mereka, dan semoga kita termasuk di dalamnya. ๐Ÿ™‚

Iklan

One thought on “Indahnya Penerimaan dan Berbaik Sangka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s