Nasihat untuk para Ayah

Wahai ayah-ayah yang mulia, yang selalu menghalangi jalan pemuda bertakwa yang ingin meminang putrimu dengan cara yang halal.

Aku bertanya kepadamu, pernahkah kau bayangkan bagaimana rasanya bila berada di posisi pemuda tersebut? Pernahkah engkau berpikir, apa yang kau lakukan bila ingin meminang seorang gadis muslimah, tetapi orangtua gadis itu menolakmu karena engkau miskin atau tidak memiliki status sosial yang setara dengannya?

Ketahuilah, wahai ayah, kebaikanmu terhadap pemuda yang ingin meminang putrimu itu akan kau lihat pada putra-putramu kelak saat mereka ingin meminang seorang gadis. Allah akan memudahkan putra-putramu dalam menikah bila engkau juga memudahkan jalan pernikahan itu kepada pemuda yang ingin meminang putrimu.

Ketahuilah juga, wahai para ayah, bahwa kebaikan yang kau berikan kepada pemuda tersebut takkan pernah dilupakannya. Ia akan membalasnya dengan kebaikan pula sepanjang hayatnya. Bahkan kebaikan itu akan kembali kepada putrimu sendiri, sebab ia tak akan berani menyakiti putrimu setelah kebaikan yang kau persembahkan kepadanya. Akan tetapi, sebelum segalanya berjalan, hendaknya tuluskan niatmu bahwa apa yang kau lakukan adalah karena Allah dan hanya mengharapkan ridha-Nya.

Di samping itu, ketahuilah para ayah, bahwa sebenarnya engkau telah membantu pemuda tersebut untuk mendirikan sebuah rumah tangga muslim yang senantiasa taat beribadah kepada Allah dan mentauhidkan-Nya. Karena itu, engkau pun akan mendapatkan pahala yang berlimpah atas amal baik tersebut.

Terakhir, ketahuilah bahwa putrimu adalah harta termahal dan paling berharga di dunia. Apapun harapanmu dari pemuda itu, ia tidak akan sanggup menunaikannya sepenuhnya, sebab putrimu tak ternilai harganya.

Apabila demikian kondisinya, maka di matamu, hal yang sedikit atau banyak sama saja. Engkau tidak akan merugi sedikitpun jika mau mempermudah pernikahan itu untuk para pemuda muslim. Semoga saja kebaikan ini menjadi sebab bagimu untuk meraih surga Allah.

Nasihat Syaikh Mahmud Al-Mashri dalam buku beliau, Az-Zawad al-Islami as-Sa’id dengan edisi Indonesia: Bekal Pernikahan

Nasihat untuk para ayah kita, juga untuk kita yang insyaAllah calon ayah. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s