Tips USM STAN: Persiapkan, Namun Jangan Terlalu Dipikirkan

image

Apa kabar teman-teman semua?
Semoga baik. šŸ™‚ Postingan kali ini, insyaAllah saya akan berbagi tips dan kiat-kiat dalam mempersiapkan USM STAN. Mengingat saat ini adik-adik SMA sudah menyelesaikan Ujian Nasional, sudah saatnya untuk fokus mempersiapkan bagi mereka yang memang ingin ikut seleksi.

Saya tidak akan membahas soal, hanya tips dan kiat sederhana dalam menghadapi Usm Stan yang didasarkan pada pengalaman saya beberapa tahun yang lalu saat mengikuti hal yang sama. Ok, segera kita simak kiat yang dimaksud. Tereng :mrgreen:

1. Menata Niat
Yap, tentu saja niat adalah hal yang paling penting sebelum melakukan sesuatu hal. Pastikan memang teman-teman sudah yakin akan pilihan untuk masuk Stan, dengan segala konsekuensinya. Sebagaimana kita tahu Stan memang berbeda dengan perguruan tinggi kebanyakan. Kenali dulu Stan itu seperti apa, perkuliahannya seperti apa, nanti kalau lulus bagaimana. Untuk lebih mengenal Stan, silahkan membaca tulisan-tulisan saya di sini.

2. Belajar Latihan Soal
Ini mah udah pasti. Berdasarkan pengalaman, soal-soal Usm Stan tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Kita bisa banyak belajar melalui latihan soal dari buku-buku kumpulan soal Stan. Menurut saya, belajar paling efektif dalam hal ini adalah memperbanyak latihan agar kita tahu macam soalnya, variasinya juga agar terbiasa mengerjakannya. Khusus untuk soal bahasa inggris, saya menyarankan agar teman-teman belajar Toefl, terutama tentang grammar dan structure. Pelajari saja polanya, contoh-contohnya, insyaAllah akan terlihat titik sederhananya.

3. Mengikuti Try Out
Ini juga salah satu yang penting. Beberapa manfaat diantaranya dengan try out bisa mengukur kemampuan diri kita. Kita tahu dalam Usm Stan berlaku nilai mati, ini yang harus diantisipasi. Selain itu, kita juga bisa melihat peluang kita dalam Usm nanti. Meski tidak bisa dijadikan acuan, setidaknya kita tahu peringkat kita apalagi misalnya dalam sebuah try out besar.

Selain try out beneran tadi, saya juga menyarankan untuk banyak-banyak melakukan try out mandiri alias dilakukan di rumah. Sebenarnya tidak jauh beda dengan latihan. Hanya saja, kalau try out berarti mengerjakan satu paket soal penuh dengan waktu yang telah ditentukan. Sebagaimana yang kita tahu, dalam Usm Stan, kita tidak hanya dituntut untuk bisa mengerjakan soal. Namun, kita harus bisa mengerjakan soal dengan waktu yang seefektif mungkin.

Caranya sederhana. Sediakan waktu yang cukup yakni 2,5 jam. Perlu juga menyampaikan kepada yang di rumah bahwa kita sedang belajar dan fokus selama rentang waktu itu. Pilih satu paket soal, misalnya paket prediksi 1. Lihat jam dan 1,2,3 go! Kerjakan.

Setelah selesai atau di lain waktu, bisanya sih sudah ngga sabar. Hehe šŸ˜€ Cek dengan kunci jawaban dan lakukan evaluasi yang diperlukan.

4. Kerjakan Soal yang Mudah
Mengerjakan soal Usm Stan tidak harus berurutan. Kita tahu, ada berbagai tipe soal dan setiap orang punya kelebihan tersendiri di setiap tipe soal itu. Jadi, kerjakan dulu soal yang kita merasa punya kelebihan di sana. Ingat, tujuan kita mengumpulkan poin sebanyak yang kita bisa.

5. Persiapan di H-1
Setelah melalui proses pendaftaran online, verifikasi berkas dan sebagainya hingga kita sudah menggenggam nomor ujian dan mengetahui lokasi ujian, maka inilah persiapan yang perlu dilakukan.

Cek semua kelengkapan administratif yang kita perlukan untuk ujian besok. Persiapkan juga alat tulisnya, mulai dari papan ujian, pensil sebaiknya bawa beberapa dan sudah diraut, penghapus dan apa-apa yang dirasa perlu. Masukkan semua ke dalam tas. Tidak perlu membawa yang tidak perlu, itu hanya membuat barang yang penting keselip. Kemudian, pastikan kita sudah tahu lokasinya dan jangan sampai kesasar. Maksudnya, kalau memang belum tahu lokasinya, minimal 2 hari sebelum pelaksanaan kita sudah melihat ke sana. Menghafal rute jalannya.

Mungkin juga perlu, terlebih bagi kita yang rumahnya di daerah alias jauh dari lokasi, untuk bermalam sebelum ujian di tempat yang tidak terlalu jauh dari lokasi. Ya misalnya di rumah saudara, atau teman atau bisa juga menyewa penginapan. Ya agar lebih hati-hati saja.

6. Hari Itu pun Tiba
Sebaiknya meminta do’a dari keluarga. Bisa secara langsung atau juga melalui telepon. Meski kita tahu, tidak diminta pun mereka akan mendoakan. Namun dengan permintaan, hati akan lebih tenang. Kita akan lebih rileks untuk mengayunkan langkah.

Juga, sebaiknya tiba di lokasi minimal setengah jam sebelum ujian. Lebih baik menunggu sejam daripada terlambat semenit. Awali dengan do’a, dan ingat tugas kita hanya berusaha. Apapun hasilnya, itulah yang terbaik bagi kita. Gunakan selalu cara-cara yang baik karena kebaikan tidak akan dapat diraih, kecuali dengan jalan yang baik pula.
Selamat berjuang! šŸ™‚

Iklan

7 thoughts on “Tips USM STAN: Persiapkan, Namun Jangan Terlalu Dipikirkan

  1. bawangijo Mei 14, 2015 / 9:25 pm

    Soal ujian di STAN susahh šŸ˜¦
    Pasti sampean lulusan STAN ya?

    • Ismail Hasan Mei 14, 2015 / 9:30 pm

      yah,. mungkin memang passion orang beda-beda.. šŸ™‚
      iya, saya lulusan stan..

      • bawangijo Mei 14, 2015 / 9:33 pm

        Aku pernah ikut tes sekali doang dulu, pusing banget soalnya haha. Alhamdulillah lulus di kementerian lain

  2. ilhamkhayafi Juni 9, 2015 / 6:54 pm

    Penempatan di mana kita akan kuliah bagaimana prosesnya? Kalau di luar kota asal kita, apakah nanti akan di beri berupa uang saku dari pihak STAN? Terimakasih sebelumnya.

    • Ismail Hasan Juni 9, 2015 / 8:37 pm

      untuk penempatan pendidikan,. semua langsung ditentukan oleh Stan, jadi kita tidak bisa memilih tempat kuliah. Di pengumuman akhir calon mahasiswa yang diterima langsung ada lokasi pendidikannya, jadi langsung daftar ulang di lokasi pendidikan.

      untuk biaya,. mulai dari proses pendaftaran sampai dengan daftar ulang (setelah pengumuman akhir) semuanya ditanggung peserta/calon mahasiswa. Biaya yang dimaksud di sini adalah biaya akomodasi dan biaya resmi yang ada (biaya hanya ketika pendaftaran peserta yang pertama, langsung disetor di bank).

      Tentang saat sudah kuliah, Stan tidak memungut biaya apapun dari mahasiswa (palingan iuran buat beli almamater sama kegiatan kemahasiswaan, dikelola BEM). Jadi kita kuliah gratis, semua biaya ditanggung negra. Namun tidak ada beasiswa misalnya berupa uang tiap semester atau yang lainnya.

      Untuk uang saku, memang ada di tahun terakhir. Kalau D1 berarti langsung dapat, yang D3 di semester 5,6. Saya dulu besarnya 100rb perbulan.

  3. Fitrah Anggina Pulungan Juli 12, 2015 / 3:14 am

    Kakak waktu ujian menjawab soal usm semuanya?

    • Ismail Hasan Juli 12, 2015 / 5:27 am

      ngga lah,.
      yang penting memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, dikerjakan yang mudah dulu. 180 soal dalam waktu 150 menit kan sesuatu banget. hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s