Memberikan Pelayanan

Ada hal berbeda hari ini, mungkin sebuah nostalgia akan masa2 ketika dulu masih di kantor di Surabaya. Ya, hari ini sempat menggantikan untuk melayani di loket Pendaftaran NPWP, tepatnya saat ini,. Hehe. Berhubung antriannya lagi nol alias ngga ada pengunjung yang saya layani, maka menyempatkan diri menulis di sini.

Nostalgia. Mengapa nostalgia?, ya karena tugas keseharian saya di sini tidak melayani masyarakat di bidang perpajakan. Saya berada di bagian yang mendukung operasional kantor, dibilangnya bagian rumah tangga. Jadi, ya tidak secara langsung berhadapan dengan Wajib Pajak. Ya, nostalgia karena ketika saya bertugas di Surabaya dulu, saya ditempatkan di bagian pelayanan.

Berada di bagian pelayanan. Saya bersyukur karena banyak belajar di sana, termasuk juga belajar bagaimana melayani Wajib Pajak yang datang, dengan aneka keperluan juga ‘karakter’ yang bermacam-macam. Intinya, kita belajar berkomunikasi. Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, sesuai dengan ketentuan yang ada.

Terkait dengan memberikan pelayanan ini, ayah saya sempat berpesan. Memang kami punya persamaan dalam hal pekerjaan, sama2 memberikan pelayanan publik, meski dalam hal yang berbeda.
“Berikan pelayanan yang baik, mereka sudah jauh2 datang ke kantor, bahkan mungkin juga lama mengantri. Jangan sampai ketika sudah di situ, mereka mendapatkan perlakuan yang kurang baik. Tabiat orang mungkin bermacam-macam, namun tunjukkan bahwa kamu bisa melayani dengan profesional. Satu lagi, kalau memang ada keperluan mereka yang memang tidak bisa diurus, jelaskan dan beri pengertian, juga mohon maaf. Mereka bisa mengerti kok, asal diberikan penjelasan yang baik.”

Ya, dari asal katanya pun, jelas bahwa kita memberikan pelayanan. Ya, pelayanan. 🙂

Tinggalkan Balasan

