7 Nilai Kebaikan dalam Permainan Sepakbola

Postingan kali ini, saya akan sedikit bercerita tentang sepakbola. Ya, permainan olahraga yang disukai hampir semua laki-laki. Hal yang saya akan bahas adalah ternyata dalam permainan ini ada begitu banyak nilai-nilai kebaikan, meski mungkin selama ini kita tidak terlalu memperhatikan. Mohon dicermati ya, yang saya bahas di sini adalah permainan sepakbola-nya, bukan pertandingan apalagi kompetisinya, menurut saya itu sudah lain cerita.

Baiklah, silahkan teman-teman ingat masa-masa dulu ketika sepakbola jadi permainan sehari-hari. Baik waktu di sekolah, atau waktu hari libur, atau juga kadang di sore hari. Bahkan, mungkin teman-teman masih banyak yang sering main bola. Kalau saya, memang sudah jarang main bola. Secara skill pun saya juga cuma sekedar main aja, buat olahraga, kecuali kalau sedang main sama adik dan temen-temen SD-nya, saya jadi jago banget mainnya,. Haha 😆

Ok, kembali ke judul di atas, inilah beberapa hal baik yang kita bisa belajar dari permainan ini, saya kumpulkan sebanyak 7 nilai kebaikan. Check it out!

  1. Kerja Keras
    Tidak diragukan lagi, kalau permainan ini membutuhkan semangat dan kerja keras dari seluruh pemainnya. Merebut bola, menghalangi serangan lawan dan melindungi gawang tim serta tak lupa membangun serangan untuk bisa mencetak gol. Apalagi kalau fisik sudah lelah, ketika posisi menyerang, tiba-tiba kehilangan bola dan mendapatkan serangan balik dari lawan, meski berat, tetap harus berjuang mundur demi menjaga pertahanan.
  2. Sabar danTidak Putus Asa
    Ini juga salah satu hal baik dari permainan ini, yakni untuk tetap semangat dan tidak kehilangan harapan. Terkadang sebuah tim tertinggal hingga beberapa gol, namun demikian mereka tidak patah semangat. Bahkan, mereka berjuang lebih gigih lagi, tim semakin kompak, rasa persatuan kian kuat. Tahukah teman-teman, justru ini yang ditakuti tim lawan, tim yang sedang unggul. Mengapa? karena bila mereka berhasil mencetak satu gol saja, semangat mereka akan semakin berlipat. Apalagi bila sampai menyamakan skor, kekhawatiran terbesar tim lawan bahwa mereka bisa saja membalikkan keadaan.
  3. Tidak Lengah
    Masih berhubungan dengan nilai nomor dua di atas, sepakbola juga mengajarkan agar tidak cepat puas, apalagi jumawa karena segalanya mungkin terjadi dalam sisa waktu yang ada.
  4. Memaafkan dan Memaklumi Kesalahan
    Dalam sebuah tim, ini sangat diperlukan. ‘Kesalahan’ apapun, baik kurang bisa memanfaatkan peluang, gagal menjaga pertahanan, atau bahkan blunder yang berakibat fatal. Ketika ada yang melakukan itu, teman yang lain justru akan memberi semangat, membesarkan harapan karena toh masih ada waktu dan mereka harus terus berjuang. Teman se-tim juga sadar, bisa saja mereka melakukan kesalahan yang sama bila berada di posisi itu. Mempermasalahkan hal yang sudah terjadi, tidak akan ada penyelesaian.
  5. Memberikan Kepercayaan
    Kerjasama tidak akan berhasil tanpa adanya rasa saling percaya. Ada saatnya menggiring bola, ada saatnya pula memberikan bola ke teman. Ingat, bahwa tujuannya adalah mencetak gol, tidak penting oleh siapa.
  6. Menjalankan Tugas yang Diberikan
    Yang menjadi kiper, ya menjaga gawang. Itu tugas yang diberikan tim. Semua kan ada perannya masing-masing, tidak semua harus maju ke depan kan?
  7. ‘Membenci’ Tindakan, Bukan Orang
    Apa maksudnya? Ya, dalam permainan ada rekan se-tim, ada tim lawan. Pasti ‘geregetan’ kalau ada pemain tim lawan yang jago banget,.. Hehe. Meski bukan membenci sih, tapi tetep aja kita ngga’ suka karena dia mainnya bagus, apalagi kalau sampai cetak gol. Sekali lagi, yang ngga’ disuka bukan orangnya, bukan person-nya, tapi gara-gara dia ada di tim lawan dan mainnya bagus. Habis main bola, ya udah, ngga’ ada apa-apa. Ini yang sering kita ngga’ bisa terapkan di kehidupan. Kalau tindakan orang salah, kita ngga’ suka sama orangnya, bukan tindakannya. Sehingga walaupun kemudian dia melakukan tindakan-tindakan baik, tetep aja kelihatan salah di mata kita. Hati-hati lho,. berusaha objektif,. lepaskan kacamata hitamnya,.. 🙂

Ya, itulah beberapa nilai positif dalam permainan olahraga yang bernama sepakbola. Saya sendiri merasa, beberapa hal itu sangat berguna dalam kehidupan sosial kita, juga mungkin dalam sebuah organisasi, tim kerja dan sebagainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s