Bisik Berantai

Sebuah permainan yang dimainkan secara kelompok, biasanya menggunakan kata-kata tertentu dan dibentuk dalam sebuah kalimat. Ya, seperti itulah bisik berantai. Saya yakin teman-teman pasti tahu. Nah, kita sadar ngga’, ada sebuah pesan penting dalam permainan ini. Bahwa semakin jauh informasi itu berpindah, dengan melewati aneka jenis manusia, hehe, maka semakin besar pula kemungkinan berita itu menjadi berubah, tertambah atau terkurangi.

Dalam kehidupan nyata, itulah yang sering terjadi. Kabar berita, katanya ini begini, katanya ini begitu. Yang bahkan kita tidak pernah tahu kebenarannya. Kita bicara di lingkungan sosial kita saja, tidak perlu yang ada di tv dan semacamnya, karena toh yang semacam itu memang beda motifnya.

Entah saya pengen aja nulis ini. Karena sering di keseharian, kita sering mendengar sesuatu yang tidak perlu kita dengar. Mendengarnya tidak menambah ilmu, dan tidak mendengarnya pun bukan sesuatu yang harus dicemaskan. Ya maksudnya, kalau informasi itu perlu, rugi kan kalau kita tidak mengetahuinya. Intinya begitu.

Jadi, ya dalam bisik berantai di kehidupan nyata ini, berusahalah agar tidak menjadi salah satu mata rantainya. Sederhananya begitu. Syukur kalau mau mengingatkan mata rantai sebelumnya, bisa jadi sedekah kita juga.

Kita tidak pernah tahu bagaimana seseorang itu
Yang kita tahu hanyalah kumpulan informasi sekaligus persepsi
yang kita himpun dari penglihatan, pendengaran dan yang lainnya
tentang orang itu
Itulah yang kita tahu
selebihnya, kita bisa tentukan sendiri
positive thinking-kah
atau sebaliknya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s