Semangaaat!

tinggalkan ayah, tinggalkan ibu
relakan kami pergi berjuang
di bawah kibaran sang merah putih
majulah, ayo maju ‘tuk menyerbu
serbu!

tidak kembali pulang
sebelum kita yang menang
walau mayat terkapar di medan juang
demi bangsa, ‘ku rela berkorban

maju, ayo maju, ayo terus maju
singkirkan dia, dia, dia
kikis habislah mereka
demi negara Indonesia

wahai semua, putra putri bangsa
dimana engkau berada
teruskan perjuangan para pahlawan
demi bangsa, kami ‘kan berjuang

Bergetar hati saya ketika pertama mendengarnya. Betapa memang hidup ini penuh dengan perjuangan. Memang lagu ini adalah lagu militer, Pelatih saya yang dari TNI mengajarkannya beberapa hari yang lalu. Namun, bila kita resapi maknanya, lagu ini pun cocok untuk kita, siapa saja, apapun statusnya. Bukankah dalam hidup ini, memang selalu ada yang harus kita singkirkan, yang kita kikis habis. Ya, kebiasaan-kebiasaan, perasaan, apapun itu yang memang tidak seharusnya kita ‘pelihara’.

Di sini saya mengikuti diklat (pendidikan dan pelatihan) yang direncanakan selama tiga minggu. Dan kembali mata saya dibuka, bertemu dengan teman-teman dari jauh, sesama perantau, yang bahkan mereka ditempatkan di kota-kota kecil di pelosok negeri. Teman sekamar saya misalnya, dia asalnya Semarang dan bertugas di Tual. Nah, pada ngga’ tahu kan dimana itu Tual?, bahkan saya baru mendengar kata itu waktu berkenalan dengannya. Sebuah kota kecil di Maluku Tenggara. Jadi, kalau perjalanan dari Semarang, rutenya Semarang-Surabaya-Makassar-Ambon-Tual. Bukan hanya dia, yang lain? ada di Jayapura, Sorong, Manokwari, Raha. Benar-benar salut! Semangat kawan 🙂

Akhirnya, saya kembali bersyukur bertugas di Makassar, dekat bandara, sekali jalan ke Surabaya. Di sini kantor saya ada di kompleks gedung keuangan, banyak rekan pegawai, ada masjid besar, ya begitulah. Terlalu banyak untuk disebutkan. Alhamdulillah, dan yang pasti, Allah punya rencana yang terbaik untuk saya, Anda, kita semua. Semangaaat! :mrgreen:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s