Belajar Mengajar

Mm,.. belajar mengajar?..
proses pembelajaran atau justeru belajar untuk mengajar..
atau bahkan belajar dalam mengajar,.. apaan sih?,.. hehe 🙂

Apakah yang mengajar itu lebih pintar dari yang belajar? Menurut saya,.. tidak juga,.. bahkan saya pribadi tidak setuju dengan penggunaan kata ‘pintar’ dan ‘tidak pintar’ dalam proses pendidikan,.. apalagi kata ‘bodoh’.. sebuah kata yang harusnya hilang dari kamus percakapan kita,.. apalagi seorang pendidik,..

Hanya saja,.. kemampuan masing-masing dari kita untuk memahami sesuatu hal yang baru tidaklah sama,.. ada yang cepat faham,.. yang lain mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama,.. tapi percayalah,.. akan ada saatnya kita mengerti sesuatu,.. tentunya dengan serangkaian proses yang kita jalani,.. proses mencoba,.. bertanya,.. mencoba lagi,.. ya.. seperti itu,..

Kita pun harus menyadari bahwa belajar tidak hanya tentang pengetahuan,.. bahkan banyak hal lain yang harus kita pelajari,..belajar dari kesalahan,.. belajar dari masa lalu,.. belajar untuk tepat waktu,.. belajar untuk mengontrol kata-kata yang diucapkan,.. Ah,.. terlalu banyak memang,.. tapi bukankah memang hidup ini sendiri adalah sebuah pembelajaran?,..

Menjadi seorang pengajar,.. entah guru, orang tua, kakak,.. atau senior,.. bukan berarti lebih hebat,.. lebih ‘pintar’.. hanya saja,.. mereka lebih dulu tahu,.. lebih dulu mengalami,.. lebih dulu mencoba,.. hingga kemudian mereka bisa menyampaikan itu semua kepada murid, anak, atau juga adik,.. begitulah,.. dalam hidup ini selalu ada regenerasi,.. generasi yang sudah tua pensiun,.. digantikan oleh kita yang muda,.. dan nanti pun kita akan menua dan digantikan oleh generasi selanjutnya,.. maka peran apa yang ingin kita jalankan,.. kita ambil,.. untuk mengisi jatah waktu yang ada ini?,.. tindakan kita yang menjadi jawabannya,.. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s