Sekilas tentang STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN),.. saya pikir teman-teman sudah tahu,.. atau minimal pernah mendengar namanya,..
Ya,.. STAN adalah salah satu sekolah tinggi kedinasan yang dikelola pemerintah,.. dalam hal ini, berada di bawah Kementerian Keuangan,.. Saya ingat ketika masa2 SMA dulu, STAN merupakan salah satu perguruan tinggi idaman yang banyak ‘diimpikan’ oleh kami anak2 SMA,.. dan tampaknya sampai kini juga tak berubah,.. Mungkin alasannya sederhana,.. kuliah gratis ditambah ikatan dinas yang berarti lulusannya tidak perlu lagi ‘mencari’ kerja,. apalagi di Kementerian Keuangan,.. kurang apa coba?,, hehe 🙂 Setidaknya itu terlihat dari banyaknya pendaftar ketika program penerimaan mahasiswa baru digulirkan..

Meski begitu,.. banyak teman2 saya dulu yang sama sekali tidak tertarik dengan STAN,.. alasannya pun sederhana,.. pernah salah seorang bilang seperti ini,
“Kamu beneran bang mau masuk Stan?, ngga’ sayang sama ilmu yang kita pelajari di SMA.. kan nanti jadi ngga’ kepake “, ilmu yang dia maksud di sini itu fisika, kimia, dsb..
“ya,.. ngga’ papa sih,.. di sana nanti juga dapat ilmu baru”
“iya,.. emang”
teman saya ini memang science lover,.. fisika, kimia.. ngga’ heran lah kalau Stan memang bukan tujuannya,.. dan Alhamdulillah sekarang kuliah di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia,.. di jurusan yang memang menjadi cita-citanya,.. 🙂

Saya hanya memberi saran saja,.. untuk teman2 yang sedang ‘merancang’ masa depan.. tentukan pilihanmu dan berjuanglah,.. kalau memang suka di sebuah bidang,.. perjuangkan..
ada seseorang yang bilang ketika kita menjadikan hobi sebagai pekerjaan, maka kita tidak perlu bekerja seumur hidup kita,.. ya,.. karena bekerja serasa bermain, bersenang-senang.. Saya juga punya teman yang masuk Pendidikan Guru PAUD,.. ya,.. itu mungkin memang dunianya,.. 🙂

Tentang Stan,.. saya agak heran ketika saya ‘bersafari’ ke SMA,.. yang banyak bertanya justru anak-anak putri,.. begitu pula di bimbingan belajar Usm Stan,.. pesertanya lebih banyak yang putri,.. Mengapa saya heran?,.. ya sederhana saja,.. Stan kan mencetak ‘karyawan-karyawan’, yang nantinya bekerja 5 hari seminggu dari jam 7.30-17.00.. sedangkan kita tahu tanggung jawab nafkah itu ada di pundak kaum laki-laki,.. 🙂 bukan berarti saya menolak wanita yang bekerja lho ya,.. hehe.. beberapa ibu2 yang saya kenal di kantor pun tampaknya bisa mengurus keluarganya dengan baik,.. walaupun pasti kuantitas waktu untuk keluarga tidak terlalu banyak.. namun kembali, pilihan itu ada pada diri kita masing2,..

Akhir-akhir ini jadi sering ada pertanyaan,.. apa Stan masih ikatan dinas,.. saya jawab iya,.. masih,.. buktinya kuliahnya masih gratis,.. ngga’ ada biaya apa-apa..
ada juga pertanyaan,.. di Stan banyak beasiswanya?,.. saya jawab,.. Stan itu beda dengan perguruan tinggi yang lain.. ngga’ ada beasiswa apa2.. hanya saja, kuliah gratis,.. tapi kalau biaya hidup,.. ya harus usaha sendiri,.. jadi beda dengan program Bidikmisi pemerintah,..

Oiya,.. selain kampus pusat Stan di Tangerang,.. pendidikan juga dilaksanakan di Balai Diklat Keuangan (BDK) yang tersebar dari Medan sampai Manado,.. ada 12 tempat pendidikan termasuk Stan pusat,.. Bagi mahasiswa yang diterima di spesialisasi DIII (diploma tiga), berarti kuliahnya di Stan pusat, tapi bagi yang diterima di spesialisasi DI (diploma satu), pendidikannya disebar di 12 tempat itu,.. Oiya,. Spesialisasi itu semacam jurusan,.. untuk informasi lebih lanjut, perkembangan info terkini juga.. silahkan buka website resmi Stan di www.stan.ac.id

Nah,.. milihnya lebih enak yang mana?,.. DI atau DIII,.. menurut saya tergantung,.. lebih pengen kuliah agak lama atau pengen cepat kerja,.. pertimbangan keluarga juga perlu,.. walaupun DI, toh nanti juga bisa kuliah lagi,.. 🙂

Mm,.. yang terakhir,.. paling penting mungkin,.. apakah tahun ini Stan ada penerimaan mahasiswa baru?,.. jawabnya, belum tahu,.. hehe 🙂 memang Stan sukanya gitu,.. keluar pengumumannya pasti akhir-akhir,.. ya nanti ditunggu saja,.. biasanya sekitar bulan mei-juni,.. Silahkan dipersiapkan dulu saja buat Ujian Saringan Masuk,.. belajar TPA,.. Bahasa Inggris,.. walaupun nanti ngga buka,.. tidak ada yang sia-sia kok,.. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

