Ketulusan

Selamat bang, kamu lulus Usm Stan..
Nanti tes kesehatannya di Malang..

Begitulah kira-kira sms yang saya terima dari salah seorang teman ketika itu,..
ya,.. waktu itu adalah hari pengumuman kelulusan tes USM (Ujian Saringan Masuk) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara,.. Rupanya teman saya ini sudah lebih dahulu melihat pengumumannya dan mengabarkan berita gembira ini pada saya,..

Sejenak saya lihat sms-nya,.. “Alhamdulillah,..”
Kemudian saya putuskan untuk menelponnya,..
“Iya bang,.. Alhamdulillah,.. kamu nanti tes kesehatan di Malang,.. Dari Smada ada beberapa yang lulus,.. ada ini,.. ini,..” Kemudian dia menyebutkan beberapa teman kami yang juga lulus USM,.. (Smada adalah sebutan untuk sekolah kami, SMAN 2 Jombang)
“Kamu sendiri tes kesehatan dimana?”, tanya saya waktu itu,..
“Aku ngga’ lulus bang”
Sejenak saya terdiam,.. memikirkan kata-kata yang tepat untuk diucapkan,.. ketika tiba-tiba terdengar suara dari seberang,..
“Hehe,.. ngga’ papa bang,..” katanya sambil tertawa kecil,..
“Hehe,.. iya,..”
Dari suaranya waktu itu,.. terdengar sekali bahwa dia begitu bahagia dengan kelulusan kami (saya dan teman-teman yang lain),.. meskipun dia sendiri tidak lulus,.. Saya juga menangkap sebuah isyarat penyemangatan darinya,. karena memang waktu ada 2 tes lagi yang harus dihadapi,.. yakni tes kesehatan dan assessment test.

Betapa indahnya,.. bahagia melihat orang lain bahagia,.. 🙂
di zaman yang banyak orang bilang penuh persaingan,.. padahal kita tahu, ‘kelulusan’ bukan berarti sebuah keberhasilan atau keberuntungan dan ‘ketidaklulusan’ bukan berarti kegagalan,.. hanya saja, kita manusia punya jalan yang berbeda, namun kesempatan untuk berbuat sesuatu itu pasti dan selalu ada,.. 🙂

Tinggalkan Balasan

