Pajak itu apa ya?

Mm,.. sengaja saya menulis ini,.. (tentu saja sih,.. masa’ nulis ngga’ sengaja..),. ya intinya begitu,..
Sebagai generasi muda apalagi mahasiswa,. calon mahasiswa atau justru pasca-mahasiswa,.. hehe 😀 Sebaiknya kita tahu juga faham tentang pajak,.. apalagi pajak sudah menjadi tumpuan pendapatan negara kita,.. Di tahun ini saja (2014),. rencana penerimaan pajak (termasuk bea cukai)  dalam APBN kita sebesar Rp 1.280,4 triliun atau sekitar 76,8 % dari total pendapatan negara,.. So, pajak itu seperti apa sih?,..

Hampir semua negara di dunia menggantungkan hidupnya dari pajak,.. bahkan kalau kita tahu,. umumnya negara-negara di eropa menerapkan tarif pajak yang tinggi,.. (itu saya tahu dari pajak para pemain bola,.. hehe),.. maka tidak heran kalau fasilitas publik di sana begitu terjaga,..
Saya teringat ketika pertama kali masuk salah satu mata kuliah pajak,.. Dosen saya bilang begini,
“Kita lihat kalau pajak begitu penting bagi negara,.. tapi apa kalian udah pernah bayar pajak nih?,.. kalau saya kan jelas, tiap bulan saya mendapat gaji dan dipotong pajak,..”
“Udah pernah bayar pajak mas?,” beliau bertanya pada salah satu mahasiswa
“Udah Pak,.. dulu pernah bayar pajak kendaraan pak, motor”, jawabnya
“Oh,.. iya, itu termasuk pajak daerah,.. kalau mbak,.. udah pernah bayar pajak?,” tanya beliau lagi pada satu-satunya mahasiswi di kelas kami,..
“Belum Pak,.. jawabnya singkat”
“Mm,.. begitu ya,..” kemudian beliau ngomong ke semua isi kelas, “Mbak ini belum pernah bayar pajak,.. berarti dia ngga’ pernah mandi,.. ”
“Heh?,..” rupanya dia (mahasiswi ini) kaget,..
“Pajak kan bukan hanya pajak penghasilan,.. kalau kita beli barang,.. misalnya sabun, sikat gigi,.. kita kan juga membayar pajak, Pajak Pertambahan Nilai (PPN),.. kecuali kalau kalian misalnya beli sabun selundupan,, ilegal.. hehe”

Ya,..memang kami baru mendapat mata kuliah PPN di semester kedua,.. baru kami tahu kalau PPN itu salah satu jenis pajak tak langsung,.. jadi pajaknya sudah dibebankan di nilai harga,.. ya misalnya saja beli sikat gigi seharga Rp 3300,. (belinya di toko besar yang memungut PPN, misalnya swalayan),.. berarti dalam harga itu ada PPN sebesar Rp 300,.. dan itu dibebankan pada pembeli barang,..
Nah,.. kalau di mall,.. pas makan ada pajak 10 %,.. itu juga PPN?,.. bukan, itu pajak restoran yang termasuk pajak daerah,..

Saya ingin menegaskan kembali tentang pajak ini,.. terutama yang menyangkut kehidupan kita sehari-hari,.. Sebagai anak muda (atau juga mahasiswa),.. kita tentu sering membeli beraneka macam barang,.. termasuk barang elektronik,.. Sedangkan kita tahu,.. barang elektronik merupakan salah satu produk yang paling banyak diselundupkan ke Indonesia,. setidaknya itu terlihat dari banyaknya penyelundupan yang berhasil digagalkan oleh teman-teman Bea Cukai,.. beberapa waktu yang lalu juga ada pemberitaan tentang penggagalan penyelundupan aneka smartphone, ipad, tab, de el el. Atau juga kita sering dapat iklan di internet (media sosial misalnya) tentang jual smartphone murah, dan sejenisnya,.. Kita tentu tahu, kalau di dunia ini tidak ada yang mau rugi,.. jadi, kalau misalnya ada harga yang kurang wajar,.. pasti ada apa-apanya,.. kita yang harus kritis,.. Entah itu barang-barang yang mahal semacam ipad, smartphone atau tab, atau yang tidak terlalu mahal semacam modem, atau juga flashdisk. Belilah di toko yang bisa dipercaya,.. keberadaannya jelas,.. dan utamanya di outlet-outlet resmi,..

Kalau kita lihat, sebenarnya ini hal yang sederhana,.. Mengapa masih ada saja upaya penyelundupan?,.. disamping karena memang faktor pengamanan di jalur keluar-masuk barang yang memang perlu diperbaiki,.. (dan kita berharap pemerintah mampu terus memperbaiki dan bersinergi dalam hal ini),.. ada jawaban yang sederhana sekali,.. yaitu karena barang-barang ilegal itu masih ada yang membeli,.. bahkan banyak diburu orang,.. So,.. dengan tidak membelinya, dan juga mungkin mengajak orang-orang terdekat kita,.. kita telah berkontribusi aktif dalam pembangunan negara,.. 🙂

Seiring dengan hentak geraknya waktu
Indonesiaku kian menapak maju
Bekerja dan berkarya,.. membangun negeri,..
Menuju masa depan,.. dengan langkah pasti,..

Berperanlah serta memajukan negara,..

Membayar pajak, bukti peduli pada sesama
Selalu ku bangga, menjadi warga yang berguna
Menatap Indonesiaku,.. jaya selamanya,… 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s