New year, so what?

tahun baru

 

Sebuah nasihat berharga dari A’a gym tentang tahun baru

Ya,.. malam ini adalah malam terakhir di tahun 2013,.. dan banyak yang menganggapnya sebagai malam spesial,.. setidaknya begitulah yang dapat disimpulkan mengingat banyaknya persiapan yang dilakukan,.. Ya,.. mulai dari merencanakan ‘hang out’ di malam ini, atau acara karaoke bareng sambil bakar jagung,(itu yang terlihat di sekitar sini, hehe)..
Begitulah,.. saya masih ingat ketika masih berusia sepuluh tahunan,. seringkali diajak Ayah dan ibu ke alun-alun Jombang ketika perayaan tahun baru,.. Waktu itu yang biasa kami lakukan adalah jalan-jalan sambil beli beberapa makanan (karena umumnya pada malam tahun baru alun-alun lebih ramai)., sedangkan untuk acara panggung hiburan apalagi sampai kembang api,.. kami tidak pernah lihat…

Namun demikian,.. kami juga ikut beli terompet dan menganggap acara yang kami lakukan itu adalah sebuah ‘tahun baruan’,.. meskipun jujur saya mengakui kalau saya lebih suka jalan-jalannya daripada beli terompetnya,.. waktu itu saya fikir tidak ada gunanya membeli terompet,.. toh,.. kalau cuma untuk ditiup malam itu,.. kan sayang, dan kalau ditiup di rumah,.. ngga’ ada gunanya.. malah memancing perhatian tetangga,.. hehe :)) apalagi, keluarga saya tinggal di desa yang jauh dari keramaian,..

Tapi sepertinya sudah menjadi sebuah keharusan,.. sehingga biasanya alasan yang diutarakan Ayah adalah ,”Masa’ tahun baru ngga’ beli terompet, ngga’ apa2, beli aja”. Ya begitulah,. saya kira memang kebanyakan kejadian sampai sekarang ini  adalah seperti yang keluarga saya lakukan beberapa tahun yang lalu, yakni cuma ikut-ikutan.. tanpa punya alasan apapun,.. Namun, Alhamdulillah,.. untuk tahun ini,.. malam ini tidak ada rencana untuk jalan-jalan atau ‘tahun baruan’.. Sengaja beberapa hari yang lalu Ayah mengajak adik2 jalan-jalan,.. tujuannya? ya apalagi kalau bukan agar tidak ikut-ikutan ‘tahun baruan’..

Sempat adik pertama saya tanya, ” Yah, nanti kalau tahun baru ke alun-alun ya?”
dan Ayah kami bilang, ” ya ngga’ lah,.. kemarin kan udah jalan-jalan,.. lagian tahun baru itu bukan budaya kita”
dan sengaja saya menambahkan, ” kamu tahu kan, kita ngga’ boleh ikut-ikutan”

Terkait dengan gambar yang saya post di atas,.. gambar itu saya temukan di facebook,.. sebuah nasihat berharga yang mengingatkan kita bahwa malam ini juga seperti malam-malam yang lain, tak ada yang istimewa,.. kecuali bila kita bisa memanfaatkan untuk kebaikan yang lebih daripada kemarin,.. bukankah itu yang disebut dengan keberuntungan, yakni ketika bisa mewujudkan hari-hari, jam-jam bahkan juga detik-detik yang lebih berharga?,.. 🙂

Tinggalkan Balasan

